Kamis, 10 Desember 2009

responsi pertama semester lima

Ga nyangka banget ya...semester 5 udah mw berakhir, besok debut responsi pertama niyh..."analisis jamu..."...

Disini, kita harus menghafal berbagai jenis simplisia. Untuk analisis makroskopik ada sekitar 40 simplisia yang harus dicermati. Ada bagian daun, akar, cortex, rimpang, buah, biji. lengkap sudah!!! padahal, antara simplisia satu dengan yang lainnya mirip karakteristiknya...
coba deh lihat gambar ini,


sekilas, gambar ini ga ada bedanya kan? itu adalah gambar simplisia dari famili zingiberaceae, dari kiri ada rimpang kunyit, rimpang temu giring, rimpang temulawak, dan rimpang temu ireng. Nah, mereka punya karakteristik masing2. Misalnya untuk kunyit, dari segi ukuran, dia lebih kecil diameternya, selain itu warna dagingnya pung lebih oranye dibanding yang lain. Sedangkan untuk temu giring dia lebih mudah dipatahkan. Temulawak punya ciri khas sendiri, yaitu warna kuning-orange dan bentuk yang khas. terakhir, ada bengle yang punya bau khas untuk identitasnya.

itu untuk rimpang, dari ke 40 simplisia itu yang paling aku suka adalah biji kelabet. Karena dia punye bentuk khas seperti "manik-manik" untuk bahan aksesoris. Juga biji kedaung yang punya bentuk mitrip biji kopi. Tapi, ukurannya lebih besar dan lebih halus permukaannya.
ini dia gambarnya....


itu yang namanya biji kelabet atau foenigraeci semen dan biji kedaung atau parkiae semen.
huhuhu...
udah dulu ya, q mau menabung lagi niyh untuk pesangon besok...

doain ya kawan...!!!



Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda