Kamis, 10 Desember 2009

a glass of "kalsium"...



Entah bermula dari mana, Bu Indah, dosen TPP yang sore <10/12> itu mengajar, menyinggung tentang kebutuhan kalsium bagi tubuh. "Kebutuhan kalsium tidak hanya diperlukan oleh seseorang berusia lanjut. Sebaiknya, kita mulai mengkonsumsi kalsium sejak dini, terutama bagi wanita," tuturnya. Hal tersebut berkaitan dengan peran wanita yang di usianya nanti akan mengandung.

Dalam tubuh manusia, kalsium memiliki peranan penting dalam metabolisme tubuh, pergerakan otot, penyambung antar syaraf, dan kerja jantung. Kalsium pun berperan sebagai katalisator berbagai proses biologi dan mempertahankan fungsi membran sel. Namun, peran kalsium lebih populer berkaitan dengan pertumbuhan tulang. Dalam situs Depkes RI disebutkan bahwa 99% kalsium yang terdapat di dalam tubuh berada dalam tulang rangka, sedangkan 1% berada dalam jaringan lain dan didistribusikan ke seluruh tubuh. Kristal dalam kalsium lah yang bertanggungjawab untuk mejaga tulang agar tetap kuat.

Jika konsentrasi kalsium di dalam tubuh berkurang, akan berdampak pada kerapuhan dan pengeroposan tulang, yang kita kenal sebagai penyakit osteoporosis. Seandainya kita tidak mencegahnya, tulang akan terus mengeropos sampai tulang menjadi patah dan penderita mengalami kesakitan saat bergerak. Nah, seringnya rasa sakit itu muncul di anggota gerak tulang belakang, tulang panggul dan pergelangan tulang.

Untuk itu, kita perlu intake kalsium sejak dini untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Yaitu, dengan mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung kalsium. Biasanya, kita mengenal susu sebagai sumber utama kalsium. Selain itu, masih banyak makanan berkalsium yang bisa kita konsumsi. Antara lain : susu, keju, yoghurt, ikan yang dimakan bersama tulangnya, sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, jus jeruk, susu kedelai, dll.

Jadi, mulai sekarang...mari kita menimbang-nimbang kandungan kalsium saat membeli minuman, camilan, dessert, vitamin, dll. Dan, mulailah mengurangi minum kopi karena kopi dapat mendorong pembuangan kalsium dari dalam tubuh.

be healthy...!!!




Label:

2 Komentar:

Blogger aziz miring mengatakan...

owh br tau.,.,

kl tulang'y ngilu ituknp, ya..???

salam kenal.,.,

25 Desember 2009 pukul 17.52  
Blogger Ramz mengatakan...

interesting post..

kok kaya dokter? tp thanks a lot masukannya. baru ngeh (tahu) gitu toh ternyata..

salam kenal..

30 Maret 2010 pukul 07.53  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda